JAKARTA, KOMPAS.com — Kampanye hari bebas kendaraan (car free day) dan bersepeda ke kantor (bike to work) terbukti ampuh mendongkrak penjualan sepeda. Hal ini diakui oleh toko sepeda Delta Cycle. Kampanye ini pula yang bikin Delta Cycle pede membuka gerai baru di Bintaro, kurang dari enam bulan silam. Sebelumnya, Delta Cycle telah memiliki toko di ITC Roxy Mas dan SCBD Sudirman.
Manajer Delta Cycle Bintaro, Denny Mamoedi, mengatakan, kampanye car free day dan bike to work membuat permintaan sepeda semakin meningkat. "Sepeda yang banyak diminati khususnya yang sepeda lipat," ujar Denny kepada Kontan. Sepeda lipat banyak diminati karena praktis dipadukan dengan kendaraan lain. Jadi, pengguna bisa menggunakan kendaraan lain ketika lelah mengayuh sepeda.
Peningkatan pehobi sepeda ini terbukti meningkatkan penjualan Delta Cycle. Meski Delta Cycle Bintaro baru seumur jagung, toko itu sudah mampu menjual 12 sepeda. Semester kedua nanti, Delta Cycle menargetkan bisa menjual lima sepeda per bulan. Jumlah ini setara dengan kedua toko Delta Cycle lainnya.
Delta Cycle menjual sepeda lipat merek Strida, Pacific, Brompton, Trelock, Birdy, Montague, dan Onipax. Sepeda ini dijual mulai dari harga Rp 9 juta, Rp 11,9 juta, Rp 16,9 juta, Rp 25 juta, hingga Rp 26,4 juta. Ada pula sepeda lipat spesial merek Tartaruga, Vanmoof, Kuwahara, Airnimal, dan Super JAB. Sepeda lipat spesial ini dijual mulai dari Rp 13,5 juta hingga Rp 19,8 juta.
Selain menjual sepeda, pundi Delta Cycle juga mengepul dari penjualan onderdil dan aksesori. Onderdil ini misalnya pedal, rantai, pegangan lengan, jeruji, dan ban. Onderdil ini dijual mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 10 juta.
Sumber : Kompas.com
Hari, tanggal : Selasa, 18 Mei 2010
Web Link : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/05/18/13271464/.quot.Car.Free.Day.quot..Kerek.Penjualan.Sepeda
Ulasan :
Program pemerintah untuk mengurangi jumlah kendaraan dengan bersepeda tampaknya sudah mulai terasa dampaknya. Hal ini dirasakan oleh para penjual sepeda. Kampanye hari bebas kendaraan (car free day) dan bersepeda ke kantor (bike to work) telah mendongkrak penjualan sepeda di Indonesia. Hal ini juga dapat mengurangi polusi udara di Indonesia, khususnya Jakarta yang sudah sangat terpolusi oleh asap kendaraan bermotor. Dampak lainnya juga dapat dirasakan oleh para bikers yang tidak perlu lagi harus repot-repot pergi ke tempat fitness untuk menjaga kebugarannya. Kampanye car free day ini diharapkan dapat terus menerus meningkatkan penjualan sepeda dan semakin mengurangi dampak polusi lingkungan di Indonesia, sehingga masyarakat juga menjadi sadar akan bahaya polusi dan dampak global warming yang mulai menghantui kehidupan kita.
No comments:
Post a Comment